Jejak Dewi Kwan Im di Salah Satu Vihara Tertua Pulau Belitung Indonesia

travel belitung, travel belitung hemat, sewa mobil belitung, paket tour belitung, paket hemat belitung, belitung tour

Vihara Dewi Kwan Im terletak di Pulau Belitung yang telah berdiri sejak tahun 1700-an. Vihara Dewi Kwan Im menjadi salah satu peninggalan sejarah agama Budha yang menjadikan bangunannya bercorak Cina. Vihara Dewi Kwan Im tepatnya berada di perbukitan yang akan menambah sejuknya suasana saat berkunjung ke vihara ini.

Tidak jauh dari vihara terdapat aliran sungai yang menambah kesejukkan dan harmoni di vihara tersebut. Selain itu, ada sebuah mitos dalam masyarakat yang sampai saat ini masih diyakini bahwa air sungai tersebut dapat menyembuhkan penyakit, menjadikan awet muda, bahkan mengabulkan jika meminta sesuatu yang diinginkan.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Vihara ini juga bisa dieksplor sejarah dan budayanya. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain itu, bangunan Vihara yang megah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun dunia.

Intip Megahnya Bangunan Vihara Dewi Kwan Im di Belitung

Vihara ini terletak di sebuah pulau kecil. Umat Budha selalu mendatangi vihara ini untuk beribadah. Tempat ini juga menjadi vihara tertua di Indonesia, dan telah berusia sekitar 266 tahun.

Untuk bangunannya sendiri cukup menarik minat pengunjung. Inilah bangunan atau tempat yang bisa dieksplor umat Budah dan wisatawan:

Tiga bangunan untuk ibadah

Ada tiga bangunan utama dalam Vihara Dewi Kwan Im di Belitung. Bangunan pertama merupakan tempat sembahyang dan berdoa kepda Dewi Kwan Im. Bangunan kedua dipakai untuk sembahyang kepada Budha.

Sementara itu, bangunan ketiga dipakai untuk memuja Dewa Laut yang dipercayai oleh Umat Budha. Arsitektur dan bentuk bangunan sangat unik dan eksotis.

Kolam dalam Vihara

Di vihara ini juga terdapat sebuah kolam yang disakralkan oleh pengikut Budha. Di dalam kolam ini, pengunjung bisa melempar koin sambil mengucapkan pemrohonan mereka. Konon, permohonan akan dikabulkan. Di sini juga merupakan kolam yang dihuni oleh para bidadari. Maka kolam ini menjadi sakral.

Jika mengunjungi Vihara ini, maka jangan lupakan untuk melihat ketiga bangunan dan juga kolam permohonan tersebut.

Menuju Vihara Tertua di Belitung

Wisata ke Vihara Dewi Kwan Im di Belitung sangat ramai terutama sata Imlek tiba. Maka bukan lagi pantai satu-satunya daya tarik Belitung. Wisatawan banyak berjejal untuk melihat berbagai budaya dan atraksi di tempat ini.

Untuk menuju ke vihara tertua di Belitung  ini, maka pengunjung bisa menempuhnya dari Tanjung Pandang. Kira-kira butuh 2 jam dari kota tersebut. Jika dari kota Manggar maka jarak tempuhnya sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Imlek di Vihara Dewi Kwan Im

Seperti telah diulas di atas bahwa saat Imlek, vihara ini memang padat pengunjung. Beberapa hal menarik bisa wisatawan lakukan ketika berada di lokasi wisata ini, seperti:

  • Berfoto memakai pakaian adat China
  • Berfoto diantara patung dan juga bangunan Vihara yang megah
  • Menikmati pemandangan Gunung Burung Mandi di Belakng Vihara

Kebersamaan dengan orang terdekat di loaksi wisata ini bisa menjadi hal yang berharga. Maka abadikan setiap momen dengan berfoto ria selagi di tempat ini. Terutama saat Imlek karena sajian budaya dan tradisi akan sangat megah di sini.

Memanfaatkan Travel Agent Berkunjung ke Vihara Dewi Kwam Im

Untuk menuju ke vihara tertua di Belitung ini, pengunjung bisa memakai dan memanfaatkan travel agent belitung. Selain lebih aman, bisa pula lebih hemat karena segala keperluan sudah diatur dengan profesional.

Pilihan hidangan dan penginapan juga pastinya yang terbaik dan paling efisien sesuai budget Anda. Selain itu, ada pula guide profesional yang mendampingi. Dengan demikian, maka pengalaman wisata akan lebih bermakna karena setiap waktu akan terisi dengan momen yang berharga pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *